Sel Elektrokimia

komentar 0
Sel Elektrokimia
Dalam reaksi redoks terjadi transfer elektron, yaitu adanya elektron yang dilepaskan dan adanya elektron yang diterima. Energi yang dilepaskan dari reaksi redoks dapat diubah menjadi energi listrik dan ini digambarkan dalam sel volta atau sel galvani.

Sel elektrokimia adalah sel yang mengubah energi hasil reaksi kimia menjadi energi listrik. Luigi Galvani (1780) dan Alessandro Volta (1800) melalui percobaannya dapat menghasilkan arus listrik yang berasal dari reaksi redoks. Perangkat sumber arus searah itu dikenal sebagai sel Volta atau sel Galvani.

Sel volta (sel galvani) terdiri dari elektrode Zn yang dicelupkan dalam larutan ZnSO4 dan elektrode Cu yang dicelupkan dalam larutan CuSO4. Kedua larutan dihubungkan dengan jembatan garam yaitu pipa yang berisi agar-agar yang mengandung garam seperti Kalium klorida. Elektron mengalir dari Zn ke elektrode Cu karena pada elektrode Zn terjadi reaksi oksidasi maka elektrode Zn disebut anoda sedang elektron yang dilepaskan pada reaksi tersebut ditangkap oleh ion Cu2+ dan terjadi reaksi reduksi maka elektrode Cu disebut katoda.

Silakan download materi selengkapnya disini :

Download Sel Elektrokimia
FacebookTwitter

Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu kami dengan klik Contact Me!. Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Bocoran artikel Aspal ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Aspal? silakan klik Buzz dan Follow Me!. Terima Kasih.

0Komentar:

Bagaimana Pendapat Anda?