Senyawa Gas Mulia

komentar 0
Senyawa Gas Mulia
Tahun 1962 Neil Bartlett dan Lohmann dari Universitas British Columbia berhasil mereaksikan platina heksafluorida dan molekul O2 dengan perbandingan jumlah mol 1:1. reaksi ini mengasilkan zat padar berwarna merah jingga. Dengan mempelajari struktur kristal dan sifat magnetiknya, kita ketahui bahwa rumus zat padat tersebut adalah O2+ PtF6-

Bartlett melihat bahwa energi ionisasi O2 adalah 1.177 kJ/mol dan energi ionisasi Xe adalah 1.169 kJ/mol. Karena energi ionisasi O2 lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan Xe, Bartlett berkesimpulan bahwa Xe juga dapat bereaksi dengan PtF6. ternyata, dugaannya benar dan ia berhasil mensintesis senyawa gas mulia, yaitu XePtF6 berwarna kuning. Dengan keberhasilan ini,para pakar mensintesis bahwa gas mulia lain, seperti XeF2,XeF4, dan XeF6 yang langsung disintesis dari unsur-unsurnya. Dengan berhasilnya sintesis berbagai gas mulia, bilangan oksidasi unsur gas mulia dalam senyawa yang berbeda juga berbeda.

Silakan download materi selengkapnya disini :

Download Senyawa Gas Mulia
FacebookTwitter

Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu kami dengan klik Contact Me!. Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Bocoran artikel Aspal ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Aspal? silakan klik Buzz dan Follow Me!. Terima Kasih.

0Komentar:

Bagaimana Pendapat Anda?