Sejarah Berdirinya SMA Negeri 1 Kudus

komentar 0

SMA Negeri 1 Kudus berdiri sejak tanggal 1 Agustus 1960 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tertanggal 24 Juni 1960 nomor : 191 / S.K / B.III. Pertama kali berdiri SMA Negeri Kudus menempati atau menumpang pada Asrama Militer di Jati dengan jurusan A, B, dan C. Jumlah kelasnya dengan istilah waktu itu :
a. Jurusan A (sastra) : 1 kelas
b. Jurusan B (ilmu pasti) : 2 kelas
c. Jurusan C (ekonomi) : 1 kelas

Walau sudah resmi berdiri sejak 1 Agustus 1960 tetapi peresmian pembukaan belum juga dilakukan. Baru pada tanggal 17 Agustus 1960 bersamaan dengan hari kemerdekaan Letkol Mudigdo Danrem 073 Makutarama Salatiga berkenan menggunting pita tanda peresmian SMA Negeri Kudus. Berdiri sudahlah SMA yang tanpa nama di Kudus dengan pimpinan pertama kalinya adalah Bapak Soewito Hadisoemitro seorang staf dari panitia pendiri, yang juga staf Harian Pemerintah Daerah. Hanya tiga bulan SMA Negeri Kudus menempati Asrama Militer Jati. November 1960 keluarga besar SMA Negeri Kudus pindah dan kembali menumpang di gudang Muriatex Kudus. Dengan tanpa mengurangi semangat belajar mengajar SMA ini berjalan dari minggu ke minggu, bulan ke bulan. Dan akhirnya... Pada bulan Desember 1960 SMA Negeri ABC Kudus berganti pimpinan yang baru dari Bapak Soewito Hadisoemitro kepada Bapak Soebangoen sebagai pimpinan yang kedua.

Usaha untuk maju ternyata menggugah semangat untuk mandiri. Dan usaha tanpa biaya adalah mustahil. Karenanya baik pemerintah Daerah, panitia pendiri bersama masyarakat Kudus berupaya membangun SMA Negeri ABC di desa Mlati atau sekarang di Jalan Pramuka Kudus. Maka berdirilah SMA Negeri ABC Kudus sebagai satu-satunya SMA di Kota Kudus lengkap dengan mebelairnya. Waktupun berlalu dan pada tanggal 1 Maret 1962 diadakan serah terima jabatan dari Bp. Soebangoen kepada pimpinan baru Bp. R. Soetardi Wirjohasmoro sebagai pimpinan ketiga. Dan Bp. Soebangoen pada tahun 1964 mengikuti wajib militer untuk kepolisian Sebagai pimpinan baru Bp. R. Soetardi Wirjohasmoro memangku jabatannya sampai dengan 1 September 1970 atau hampir delapan tahun.

Sekali lagi berganti pimpinan SMA Negeri Kudus kepada pimpinan yang baru Bp. Drs. Romeo Wirodimedjo sebagai pimpinan ke empat hingga dengan 1 Oktober 1980 atau selama sepuluh tahun. Sedangkan Bp. R. Soetardi

Wirjohasmoro dipindah tugaskan sebagai Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Departemen P dan K di Jakarta. Sebagai pimpinan ke lima dipercayakan kepada Bp. S. Soejadi Danoesoebroto BA dan Bp Drs. Romeo Wirodimedjo dipindah tugaskan sebagai Kepala SMA Negeri 6 Surakarta. Pada tanggal 24 Mei 1984 diserah terimakan jabatan kepala SMA Negeri Kudus dari pimpinan lama kepada pimpinan baru Bp.Drs.Sadarisman sebagai pimpinan yang ke enam hingga 1995.

Pada tanggal 21 April 1995, dengan nomor SK 00270/I03.d.1/Ca.3.1995 tanggal 26 Januari 1995, diserah terimakan jabatan kepala SMA Negeri Kudus dari pimpinan lama kepada pimpinan baru Bp. Sjahri Adisaputra, BA sebagai pimpinan yang ke tujuh hingga Desember 1998. Mulai berdiri hingga sekarang berbagai pengembangan dan pengadaan sarana fisik semakin melengkapi dari perubahan kelas 23 menjadi 27 hingga menjadi 29 kelas.

Tanggal 1 Desember 1998 dengan Nomor SK : 6570/I03.d.1/ca.3/1998 tanggal 18 Agustus 1998, telah diserah terimakan jabatan Kepala SMA Negeri Kudus dari pimpinan lama kepada pimpinan baru beliau Bp. Drs. Basuki Purboyoso sebagai pimpinan yang ke delapan. Kegiatan yang melengkapi dan menambah sempurna proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Kudus dari 29 kelas menjadi 30 kelas yang di antaranya dibidang akademik pernah jadi juara 3 tingkat Internasional dalam lomba KIR dan Juara I Nasional di tahun 2001, kemudian lulusan SMA 1 Kudus 80% diterima diperguruan tinggi Negeri jalur PMDK/SPMB. Dan pada tahun 2003/2004 memperoleh predikat memuaskan dalam penilaian akreditasi sekolah oleh Badan Akreditasi Nasional, dimana usaha ini tak lepas dari Kepala Sekolah, Guru, Staf, siswa-siswi dengan didukung oleh BP - 3/ Komite Sekolah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kudus, alumni dan masyarakat. Berdasarkan SK Bupati No 821.2/482/2004 tanggal 25 Juni 2004 beliau Bapak Drs. H. Basuki Kudus diangkat sebagai pengawas rumpun Mata Pelajaran IPS pada SMA di Kabupaten Kudus. Sehingga pada tanggal 30 Juni 2004, berdasarkan SK. Bupati Kudus Nomor 821.2/493/2004, tanggal 29 Juni 2004, telah terjadi pelantikan atau serah terima jabatan Kepala SMA 1 Kudus dari pimpinan yang lama Bapak Drs. H. Basuki Purboyoso kepada pimpinan yang baru Bapak Drs. Muh Makmun sebagai kepala sekolah yang ke sembilan hingga sekarang.

Pada kepemimpinan Bapak Drs. Muh Makmun SMA 1 Kudus ditunjuk sebagai Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional ternyata respon masyarakat Kudus dan sekitarnya sangat tinggi hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar baik dari kabupaten Kudus maupun dari Luar kabupaten kudus sejumlah 600 pendaftar.

Dengan berbagai pengembangan yang telah beliau lakukan mulai dari pembangunan gedung berlantai II yaitu ruang multimedia, laboran bahasa, laboratorium computer, perpustakaan, ruang KIR, ruang pertemuan/ komite sekolah, jembatan penghubung ke labaotorium IPA yang sekaligus dengan perlengkapan falisitasnya dan pada tahun 2006 dipercaya untuk mengelola kelas Imersi yang menjadi program unggulan Jawa Tengah, kemudian tahun 2007 mendapat kepercayaan dari Dirjen Dikdasmen ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sehingga dengan segala upaya beliau berusaha meningkatkan SDM pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Kudus. Dan berbagai prestasi yang telah diperoleh siswa baik di bidang akademik maupun non akademik dan telah terbukti pada tahun 2005/2006 pernah sebagai juara I OSN bidang Biologi (Wahyu Hidayat) dan Juara II (Egawati W) Bidang Kimia, tahun 2006/2007 telah dikirim 1 siswa ke Queland Australi. Juara OSN bidang Kimia dan masih banyak bidang-bidang yang lain baik bidang MTQ Pelajar (Juara 1 Jawa Tengah), KIR, Pidato Bahasa Inggris, Bhs. Jepang dll. Sedangkan bidang Olahraga SMA Negeri 1 Kudus selalu menjadi juara dalam lomba olah raga (basket) misalnya pada tahun 2007/2008 meraih juara II dalam Debasket Ball League (DBL) Tingkat Pelajar SLTA se Jawa Tengah dan sebagai tim POPDA Jawa Tengah.

Tahun Pelajaran 2008/2009 peserta pertukaran pelajar (AFS) di Amerika Serikat (Stella Alinnesia, tanggal 14 Juli 2008 s.d 13 Juli 2009) dan di Jepang (Alvina Ardis, Bulan Maret 2009 s.d Februari 2010).

Pembangunan fisik di Tahun Pelajaran 2008/2009 meliputi : Pembangunan kamar mandi sebelah timur/utara dengan jembatan penghubung, renovasi gapuro sebelah barat, pembatan pagar green house, pembuatan toilet belakang ruang pertemuan, keramikisasi ruang kantor dan 30 ruang kelas, pembatan ruang sekat kaca dan meja counter ruang tata usaha dan perlengkapan media pembelajaran komputer kelas dan LCD serta komputer server. untuk bidang akademik Tahun Pelajaran 2008/2009 sebagai juara umum lomba OSN dan mapel SMA/MA tingkat kabupaten Kudus.

Demikian sekilas profil sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Kudus dan mohon do'a restu Bapak/Ibu, Saudara yang budiman semoga SMA Negeri 1 Kudus semakin jaya dan sukses di segala bidang. Amin.

Sumber : www.sma1kudus.sch.id
FacebookTwitter

Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu kami dengan klik Contact Me!. Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Bocoran artikel Aspal ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Aspal? silakan klik Buzz dan Follow Me!. Terima Kasih.

0Komentar:

Bagaimana Pendapat Anda?