Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berpidato

komentar 1+

  1. Faktor Kebahasaan
    Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, mengisyaratkan ada lima faktor kebahasaan yang harus diperhatikan oleh seorang pembawa acara jika ingin berhasil dalam tugasnya.
    • Lafal yang benar (Cara mengucapkan kata-kata dengan benar)
      Ada orang yang bersuara merdu tetapi sayangnya kurang mampu mengucapkan kata-kata dengan benar. Kata-kata bahasa Indonesia kadang-kadang diucapkannya dengan pengaruh bahasa asing atau pengaruh bahasa daerah. Padahal, kata-kata bahasa Indonesia harus dilafalkan sebagaimana kata itu dituliskan.
      Contoh :
      Unit dibaca Unit bukan Yunit
      Organisasi dibaca Organisasi bukan Orhanisasi
    • Tekanan Kata atau Aksen
      Tekanan kata dalam bahasa Indonesia tidak membedakan makna katanya. Akan tetapi, secara umum dan konsisten tekanan kata bahasa Indonesia jatuh pada satu suku sebelum suku kata akhirnya. Anda dapat membayangkan bagaimana menjemukan bila seseorang itu berbicara secara monoton (tanpa tekanan pada kata yang diucapkan).
      Contoh tekanan kata bahasa indonesia adalah :
      Kemana tidur hancur
      Siapa selektif bagaimana

Silakan download materi selengkapnya disini :
Download Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berpidato
FacebookTwitter

Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu kami dengan klik Contact Me!. Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Bocoran artikel Aspal ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Aspal? silakan klik Buzz dan Follow Me!. Terima Kasih.

1 Komentar:

Bagaimana Pendapat Anda?